• MTS NURUL HUDA
  • Madrasah Hebat Bermartabat

YUK BISA YUK JADI GURU TELADAN

Menjadi guru adalah sebuah profesi yang mulia, karena seorang guru membagikan dan mengajarkan ilmu yang bermanfaat kepada orang lain. Sebagaimana ada ungkapan yang menyatakan “Guru kencing berdiri, murid kencing berlari”, maka seorang guru haruslah menjadi  teladan yang baik bagi murid-murid yang di   ajarnya.

 

Kriteria guru profesional dan guru teladan berbanding lurus. Seorang guru dikatakan memiliki profesional jika dapat menunjukan sikap-sikap keteladanan tidak hanya untuk siswanya tetapi juga lingkungan sekitarnya. Maka tidaklah mengherankan jika dikatakan bahwa guru merupakan profesi yang mulia. Seorang guru memiliki kewajiban memberikan dan mengajarkan ilmu yang bermanfaat kepada orang lain.

Menjadi guru teladan di MTs. Nurul Huda mempunyai tantangan dan tanggung jawab yang besar. Tidaklah mudah mengemban PREDIKAT GURU TELADAN. Namun walaupun  demikian menjadi guru teladan MTs. Nurul Huda sangatlah memiliki banyak pengalaman dan manfaat dalam bidang mengajar kompetensi kepada peserta didik. Salah satunya adalah kompetensi kita dalam mengajar jadi berkembang, bisa mengajarkan materi dengan metode yang menarik dan menyenangkan. Karena pada intinya peserta didik bisa memahami materi apabila mereka menyenangi pelajaran tersebut. Bagaimana bisa menyenangi pelajaran ? Salah satu kuncinya  tergantung  pada guru yang mengajar.

 

 

 

 

 

 

Ada beberapa trik menjadi GURU TELADAN yang bisa dipraktekan agar bisa menunjang kegiatan pada saat kita mengajar, antara lain :

  1. Persiapkan mental
    Mental sangat diperlukan ketika kita hendak mulai mengajar karena apapun yang sudah kita persiapkan akan hancur ketika dalam penyampaiannya gugup. Tanamkanlah dalam hati rasa percaya diri yang tinggi ketika berada dalam kelas.
  2. Penuhi harapan anak didik / siswa
    Siswa akan berharap banyak kepada guru, karena bagi mereka guru itu sumber ilmu. Apapun yang mereka belum ketahui pasti ditanyakan kepada guru.
  3. Jadilah orang tua
    Menjadi orang tua kedua bagi siswa adalah salah satu tugas seorang guru serta harus siap menghadapi kemanjaan dan kenakalan mereka, seperti menghadapi anak kandung sendiri.
  4. Buatlah peraturan dalam kelas
    Peraturan dibuat sebagai batasan atau rambu-rambu yang harus dipatuhi semua siswa. Sebaiknya peraturan dibuat berdasarkan musyawarah bersama antara guru dan siswa, agar tidak terjadi kesalahpahaman.
  5. Hindari sikap tegang, selingi humor
    Humor merupakan cara paling efektif bagi seorang guru untuk mencairkan suasana yang tegang ketika proses belajar mengajar berlangsung. Humor mampu menetralisir situasi.
  6. Berkomunikasilah dengan semua
    Berkomunikasi dengan anak didik itu sangat penting karena dari sinilah seorang guru dapat mengetahui karakter mereka. Dengan orang tua siswa juga perlu adanya komunikasi dua arah agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar. Guru juga harus mampu berkomunikasi dengan guru lainnya dan semua pihak sekolah.
  7. Guru adalah pekerjaan mulia
    Tanamkan rasaikhlas dalam menyampaikan ilmu kepada anak didik serta yakinkan dalam diri bahwa pekerjaan yang dilakukan adalah mulia. Karena dari tangan gurulah generasi penerus bangsa akan tercipta. Baik buruknya mereka kita lah yang tentukan sebagai seorang guru.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Nah….sosok guru memiliki peranan yang sangat penting, karena selain mengajar sosok pendidik itu juga merupakan teladan yang akan menjadi panutan bagi anak didiknya. Seorang pendidik harus selalu menjaga emosi dan pikirannya untuk selalu berada pada energi yang positif sehingga perlu terus dipelihara karena emosi dan pikiran bawah sadar siswa dengan mudah merekam dan meniru setiap perkataan-perkataan dan pola bahasa yang diucapkan sehari-hari oleh sang pendidik.

Suasana belajar yang menyenangkan dan siswa memahami pelajaran dengan maksimal, merupakan tolok ukur efektifitas dalam kegiatan belajar mengajar. Kompetensi dan komunikasi sang pendidik adalah salah satu penentu terciptanya pengajaran yang efektif di kelas.

Dalam hal ini gurulah yang menjadi aktor utama membangun mutu sebuah lembaga pendidikan yang berkualitas, disamping beberapa faktor lainnya. Secanggih apapun sebuah kurikulum, visi dan misi serta kekuatan finansial tetapi sepanjang gurunya pasif dan stagnan, maka kualitas lembaga pendidikan akan merosot tajam.

Maka dari itu yuk……kita mulai menjadi guru teladan !!!

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MTs. NURUL HUDA

Silahkan Akses ke menu download/ unduh

24/03/2021 06:57 - Oleh Syuhada Bakhri - Dilihat 204 kali
GURU PUN PERLU BELAJAR

GURU PUN PERLU BELAJAR. Manusia adalah makhluk yang terus berkembang baik akal maupun perilaku. Saya sebagai makhluk yang ingin terus berkembang, apalagi sebagai seorang pendidik memut

24/03/2021 06:57 - Oleh Syuhada Bakhri - Dilihat 129 kali